Resensi Buku “Laris Manis Bisnis Wisata Halal”

Standard

16174956_1463576136999513_8306703940846712745_n

Buku Bisnis Wisata

Judul Buku : Laris Manis Bisnis Wisata Halal

Penulis : Cheriatna

Profil singkat Penulis :

  • Praktisi Bisnis Wisata Halal
  • Sekjen Asosiasi Travel Indonesia
  • Founder Komunitas Bisnis dari Rumah
  • CEO Halal Travel Konsorsium

Tahun Terbit : 2016

Jumlah Halaman : 86 halaman termasuk cover buku

Apa yang ada di benak kalian saat mendengar kata wisata? kalau saya pribadi mendeskripsikannya sebagai kata yang membuat kita bahagia. Melapas penat setelah melakukan rutinas sehari-hari dengan cara berwisata adalah pilihan yang tepat. Lebih bahagia lagi saat kita berwisata dengan biaya gratis atau dalam artian kita malah mendapat keuntungan finansial dari kegiatan wisata tersebut. Memangnya ada? Tentu ada, yakni dengan cara menggeluti dunia bisnis Wisata Halal. Ah, pasti ribet dan susah! Gak juga, buktinya banyak yang sukses dalam bisnis ini. Salah satunya adalah Pak Cheriatna. Nah lho, siapa Pak Cheriatna? Tenang, enaknya sambil menikmati segelas teh manis hangat kita kenalan dengan sosok Pak Cheriatna. Biar kepo-nya makin asik dan lebih mengerti kalian bisa download e-book gratis Buku Laris Manis Wisata Halal di sini. Jangan malu-malu untuk download, ilmu baik itu sayang bila dilewatkan begitu saja. Apalagi ilmu gratis namun tetap kaya inspirasi seperti buku ini.

cover-buku-tour-halal

Tampilan Cover Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal

Pak Cheriatna adalah seorang Praktisi Bisnis Halal, Pemilik Ceria Travel, pendiri Halal Travel ‎Konsorsium, Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Halal Indonesia dan Penulis dari sebuah Buku Bisnis berjudul Laris Manis Bisnis Wisata Halal. Kece banget kan beliau? lengkap sudah kebahagian kalian, apalagi bisa sesukses itu di usia muda. Kabar baiknya, Beliau mau berbagi ilmu seputar bisnis  Wisata Halal lewat bukunya. Pak Cheriatna mulai menjejaki impian ingin mengelilingi dunia sejak Ia kecil. Melihat pesawat berkali-kali melintas jauh di atas kepalanya membuat imajinasi seorang anak kecil bernama Cheriatna ikut melambung tinggi. Beliau menyadari impiannya sama tinggi dengan jarak pesawat-pesawat itu saat melintas jauh di atas sana.

15590368_1647396858887181_4969611202589310160_n

Pak Cheriatna bersama keluarga tercintanya.

Lalu apa action yang Beliau lakukan untuk mencapai cita-citanya mengelilingi dunia? berhasilkah Ia merealisasikan impiannya? Yup benar! Beliau berhasil sedikit demi sedikit mewujudkan impiannya. Cita-citanya mulai terwujud ketika Beliau berkesempatan menimba ilmu di Jepang pada tahun 1998 selama 8 bulan dalam program Noogyou Kenshuu. Tidak hanya sampai di Jepang, Beliau terus mengepakan sayap menyusuri lebih banyak negara seperti Singapure, Malaysia dan Cina. Apa itu semua bisa Beliau capai karena Pak Cheriatna seorang anak yang terlahir dari orangtua kaya? Bukan, bukan itu rahasia dari seorang Cheriatna sampai berhasil berkunjung ke luar negeri. Rahasia Beliau adalah kerja keras, gesit dalam menekuni setiap datangnya kesempatan baik.

mesjid-di-jepang

Camii Mosque, Jepang (Sumber foto: Laris Manis Bisnis Wisata Halal)

Sampai suatu saat Pak Cheriatna memutuskan untuk menggeluti sebuah bisnis Wisata Halal yang membuatnya semakin leluasa mengililingi dunia terutama berpetualang ke benua Asia, Afrika dan Eropa yang belum terealisasi sebelum bisnisnya berkembang. Nah, ini salah satu cara wisata keliling dunia yang membuat kita mendapatkan banyak keuntungan terutama dari segi finansial. Memang gak semudah membalikkan telapak tangan untuk berhasil di bisnis ini, namun bukan suatu hal mustahil juga kita bisa sesukses Pak Cheriatna. Intinya usaha dan doa saling beriringan.

turki

Selat Bosporus (Sumber foto: Laris Manis Bisnis Wisata Halal)

bursa

Bursa (Sumber foto: Laris Manis Bisnis Wisata Halal)

Dalam Buku Bisnis tersebut Beliau menyarankan kepada pemula untuk lebih memilih berbisnis Wisata Halal dibandingkan bisnis umroh. Bukan bermaksud menjerumuskan ke hal negatif, Pak Cheriatna hanya membantu membuka wawasan kita tentang dunia bisnis karena memang beliau sudah lebih dulu berpengalaman dalam membaca peluang. Beliau menyimpulkan bahwa pemula butuh memperhitungkan segala hal agar kegagalan dalam berbisnis dapat dipersempit. Melihat dari segi resiko, bisnis umroh dirasa lebih memiliki tingkat kesabaran yang ekstra. Mulai dari visa yang tidak keluar, pesawat yang delay, hotel yang penuh, dan izin umroh yang sangat mahal. Selain itu jika dibuat persentasi masyarakat Indonesia terlihat lebih banyak tertarik untuk berjalan-jalan ke berbagai negara, sisanya perjalanan umroh. Namun sekali lagi bukan bermaksud untuk mengesampingkan umroh dari segi ibadah, di sini kita hanya melihat peluang sukses yang lebih besar saat memulai suatu bisnis bagi pemula. Terlepas dari semua masukan dari beliau, kita selaku pemula sah-sah saja memilih bisnis apapun yang sesuai dengan kemampuan bertanggungjawab yang kita miliki.

Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal ini bisa menjadi referensi bagi kita karena di dalamnya terdapat berbagai pandangan bijak dengan adanya data-data akurat yang bisa kita terapkan dalam bisnis Wisata Halal yang sedang kita tekuni, serta info berbagai tata cara yang berhubungan dengan bisnis wisata halal. Lalu apa sih bedanya bisnis Wisata Halal dengan bisnis wisata lainnya? setelah membaca buku ini kita akan mengerti perbedaan yang cukup jauh, khususnya dari segi kenyamanan bagi wisatawan muslim. Yup! dengan adanya bisnis berbasis Wisata Halal ini para wisatawan muslim menjadi lebih mudah untuk beribadah. Seperti ditemukannya masjid, jam shalat, adanya tempat wudhu, arah kiblat di hotel dan tersedianya kitab suci. Serta gak kalah penting untuk menjaga tidak adanya aktivitas haram dalam berwisata. Kepuasan dunia didapat, namun kita gak lalai dengan akhirat.

Kelebihan lain dari Buku Bisnis Laris Manis Bisnis Wisata Halal ini juga terdapat pada bahasanya yang mudah dipahami, serta banyaknya kalimat motivasi yang kembali membangkitkan semangat kita untuk terus maju berjuang dalam hal apapun terutama yang berkaitan dengan dunia bisnis. Recomended banget pastinya buku ini buat kita yang masih awam dengan bisnis wisata halal.

Kekurangan dari Buku Karya Pak Cheriatna terdapat pada:

  • Masih ditemukan beberapa typo penulisan seperti pada kalimat:    

“Buku ini dibuat untuk siapa saja yang ingin terjun ke bisnis travel, baik untuk yg ingin fulltime maupun hanya sekedar sambilan.”

(seharusnya tidak boleh ada penyingkatan kata pada kata yang)

“Bar chart diatas menunjukkan kriteria yang umum menjadi pilihan wisatawan muslim saat di perjalanan wisata.”

(adanya perbedaan awalan di, seharusnya kata diatas ditulis di atas. Ditulis terpisah karena  di-nya menunjukkan tempat)

  • Ada beberapa tanda baca yang kurang tepat pemakaiannya.

“sering dengarkan travel yang gagal berangkatkan jamaah dan pemilik travel dipenjara?.

(tanda baca yang dobel, setelah tanda tanya sebaiknya tidak pakai tanda baca lain di sampingnya)

“Pada tahun 2070 diperkirakan populasi muslim akan meningkat hingga 35 %. Dan pada saat itu, populasi muda juga turut meningkat sebesar 73%.”

(Sebaiknya menghindari kata sambung menjadi awal sebuah kalimat seperti kata Dan  di kalimat tersebut)

“Siap memulai bisnisnya???” dan “Selalu ada jatuh bangun dibalik sebuah
kesuksesan bukan?!.”

(berlebih tanda baca)

  • Terdapat kalimat yang terkesan berjejal atau tidak hemat

“minat traveling yang nantinya juga akan berpengaruh positif pada bisnis
wisata halal.”

(Lebih nyaman dibacanya jika dihilangkan kata juga)

  • Ada beberapa kalimat yang cukup membingungkan

“Nah bila ingin lebih serius berbisnis wisata, Anda juga bisa cabang
Cheria di kota Anda,”

  • Kualitas foto atau gambar yang perlu ditingkatkan jika nantinya buku ini terbit dalam bentuk buku fisik.

Terlepas dari segala kekurangannya, buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal memang pantas untuk diapresiasi menjadi Buku Bisnis yang layak kita baca.

Makin penasaran buat membaca kan? Biar mudah, saya tulis ulang link download buku di sini.

Bandarlampung, 31 Januari 2017

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba resensi Buku Bisnis

lomba-resensi-buku

Advertisements

3 responses »

Komentarnya, Kakak. :-)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s